U-19 Indonesia Kena Bantai U-19 Korea Selatan 4-0

0
11

Timnas Indonesia U-19 akhirnya menelan kekalahan di ajang kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Berhadapan dengan tuan rumah Korea Selatan, Skuat Garuda Nusantara dipaksa bertekuk lutut dengan skor akhir 4-0.

Pertandingan yang digelar di Paju Public Stadium ini berjalan dengan tempo tinggi. Tuan rumah langsung mengambil inisiatif dalam menyerang dan sering membuat pemain Indonesia kerepotan.

Peluang berbahaya pertama pada laga ini lahir di menit 5. Adalah Saddil Ramdhani yang mengancam gawang Korea melalui tendangan bebasnya, namun sayang peluang itu masih melambung di atas gawang Min Seonjun.

Serangan beruntun Korea Selatan akhirnya membuahkan hasil 3 menit berselang. Adalah Hwan Taehyon yang membuka keunggulan Korea Selatan setelah ia sukses menyambar tendangan mendatar Um Wonsang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Indonesia sendiri berusaha untuk keluar dari tekanan. Di menit 12 Hanis berhasil mendapatkan peluang emas setelah berhasil lolos dari kawalan bek Korea, namun sayang ia gagal memanfaatkan peluang tersebut saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Korea.

Di babak pertama ini Korea begitu mendominasi jalannya pertandingan. Dimotori oleh Um Wonsang, Hwang Taehyon dan Oh Sehun, kedua pemain ini kerap membuat barisan pertahanan Indonesia keteteran untuk meredam permainan mereka.

Di menit 23 Indonesia nyaris kebobolan setelah Wonsang melepaskan tembakan jarak dekat ke gawang indonesia, namun beruntung Aqil masih bisa mematahkan peluang tersebut. Indonesia juga memiliki peluang emas di menit 34, setelah Rifad menerima umpan 1-2 dari Eggy, namun sayang tembakannya berhasil di blok oleh pemain bertahan Korea.

2 menit jelang babak pertama berakhir, Korea Selatan meneror gawang Indonesia melalui dua peluang beruntun dari Wonsang dan Sehun, namun kali ini Aqil tampil heroik untuk mementahkan peluang tersebut. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Korea masih melanjutkan dominasi serangannya. Baru 8 menit laga berjalan, Gawang Indonesia sudah dibuat bergetar setelah tembakan Jeoh Sejin mengenai tiang gawang Indonesia. 6 menit berselang, gawang Indonesia akhirnya kembali bobol setelah umpan silang Lee Kyuhyuk sukses ditanduk oleh Wonsang. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Kebobolan 2 gol membuat Indonesia semakin tertekan. 2 menit berselang, Skuat Garuda Nusantara kembali kebobolan setelah Aqil melakukan blunder saat memberikan umpan ke arah Hwang Taehyon. Skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Korea Selatan.

Digelontor 3 gol nampaknya mempengaruhi mental anak asuh Indra Sjafri. Di menit 78 gawang Aqil kembali bergetar setelah bola rebound hasil sundulan Jeong Hyojin berhasil disambar oleh Kim Hyunwoo. Indonesia tertinggal 4-0 dari tuan rumah.

Skuat Negeri Gingseng ini masih terus mendominasi jalannya laga, namun hingga wasit meniupkan peluit akhir tanda berakhirnya pertandingan skor 4-0 tetap bertahan untuk keunggulan Korea Selatan.

Berkat kemenangan ini Korea Selatan berhasil mengudeta Indonesia di puncak klasemen grup F, sementara Skuat Garuda Nusantara harus puas turun ke peringkat kedua klasemen sementara grup F. Indonesia akan dijadwalkan berhadapan dengan Timnas Malaysia U-19 pada hari Senin (6/11) nanti.

Susunan Pemain Kedua Tim
Koreal Selatan (4-1-4-1) : 
Seongjun; Hyunwoo, Kyuhyuk, Hojin, Jaeik; Wooyeong;Sehun, Sejin, Kangin, Taehyon; Wonsang

Indonesia (4-4-1-1): Aqil (Rossy 80′); Samuel, Nurhidayat, Irianto, Rifad; Luthfi; Iqbal, Abimanyu, Saddil (Witan 65′); Egy, Saghara (Rafli 60′).(bola/dub)

U-19 Indonesia Kena Bantai U-19 Korea Selatan 4-0 on November 6, 2017 rated 4.1 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here