Surat Terbuka untuk Manajemen Arsenal: 3 Alasan Kenapa The Gunners Harus Pecat Wenger

0
21

Arsenal kembali melakukan kebiasaan terbaiknya di Liga Inggris; kalah dari tim besar. Mengalahkan tim besar merupakan sebuah keharusan bagi sebuah klub yang sudah memiliki kultur sepak bola yang bagus di Liga Inggris. Tim-tim seperti Chelsea, Arsenal, Tottenham, Liverpool, MU, dan Manchester City harus saling jegal satu sama lain untuk mempertahankan status ‘Tim Besar’. Selain demi status belaka, kemenangan dari tim besar lain pun membuat mereka bisa menggeser posisi di klasemen sementara.

Namun tidak bagi Arsenal, klub yang kerap finish di posisi keempat ini justru tampil melempem ketika berhadapan dengan Elite Club lain. Dalam laga terakhirnya saat melawan Manchester City, Arsenal justru kalah dengan 3 gol yang hanya bisa dibalas dengan satu gol dari Lacazzette. Meski gol ketiga City diwarnai dengan kontroversi off-side, namun tetap saja secara kualitas bermain Arsenal masih kalah telak dibandingkan City.

Uniknya, manajemen Arsenal justru memberikan perpanjangan kontrak 2 musim tambahan bagi pria asal Prancis di medio Mei 2017. Tak heran jika hal tersebut membuat fans garis keras Arsenal geram. Entah manajemen atau Arsene Wenger yang edan karena justru melanjutkan kerja sama meski klub sedang puasa gelar juara.

Ada beberapa catatan penting yang patut dipertimbangkan oleh manajemen Arsenal untuk mempertahankan Wenger. Berikut 4 alasan mengapa Wenger harus segera di-PHK dari Arsenal.

13 Tahun Tidak Juara Liga

Wajar jika Everton, Tottenham Hotspur, atau Liverpool tidak meraih gelar juara Liga Inggris dalam kurung waktu 10 tahun terakhir. Pertama, mereka bukan klub besar yang langganan juara. Kedua, mereka tidak memiliki budaya yang kuat dalam sepak bola. Namun persamaan dari ketiga klub di atas adalah mereka mengganti manajer yang gagal memperbaiki posisi klub.

Namun berbeda dengan manajemen Arsenal yang tetap mempertahankan pelatih yang sama meski tak pernah menjadi pemenang Liga Inggris. Arsenal bukan klub biasa. Arsenal adalah klub langganan juara. Arsenal juga menjadi klub yang memiliki budaya dan filosofi sepak bola yang sangat kuat.

Tak heran jika prestasi tidak juara Liga Inggris selama 13 tahun sudah cukup untuk mendepak Wenger dari Arsenal.

Rekrut Pemain demi Kepuasan, bukan Prestasi

Wenger dinilai sebagai manajer yang egois karena lebih memilih pemain yang bisa memuaskan ego dirinya dibandingkan mengejar sesuatu yang lebih besar; mengejar prestasi untuk kepuasan fans.

Pelatih berusia 66 tahun itu kerap membeli pemain ‘kelas dua’ guna melengkapi puzzle Arsenal. Namun sayangnya, tidak adanya komposisi tim merata di tubuh Arsenal kerap membuat masalah baru di beberapa lini. Saat lini depan tajam, lini belakang Arsenal justru sering kebobolan.

Inilah yang membuat Arsenal gagal konsisten di berbagai ajang yang diikutinya.

Arsenal Buruh Sesuatu yang Fresh!

Taktik Wenger di Liga Inggris dianggap sudah kadaluarsa. Menjadi pelatih Arsenal sejak 1996, setiap pelatih di Inggris pasti sudah hapal di luar kepala tentang gaya bertahan, gaya menyerang, dan strategi lain yang dimiliki Wenger.

Arsenal jelas butuh sesuatu yang baru yang lebih segar. Pelatih baru dipercaya bisa memberikan harapan baru, taktik baru, hingga kemungkinan untuk menjadi juara pun bisa kembali terbuka bagi The Gunners.

Manchester City, Chelsea, dan bahkan Leicester City mengganti pelatihnya dan terbukti berhasil memberikan angin segar bagi klub mereka. Tanpa adanya skema baru, sebuah tim akan gagal dengan strategi yang sama selama bertahun-tahun.

Surat Terbuka untuk Manajemen Arsenal: 3 Alasan Kenapa The Gunners Harus Pecat Wenger on November 6, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here