Selain Italia, Negara Besar Ini pun Pernah Absen di Piala Dunia

0
21

Selain Italia, Negara Besar Ini pun Pernah Absen di Piala Dunia

Predikat sebagai juara dunia ternyata tidak membuat Italia menjadi langganan untuk lolos ke Piala Dunia. Bahkan dalam edisi yang akan diselenggarakan di Rusia nanti, Italia baru saja dipastikan gagal mendapatkan tiket lolos ke Rusia. Mereka bermain imbang dengan Swedia setelah sebelumnya gagal di leg pertama. Hal ini pun membuat juara dunia 4 kali itu harus menanggung malu. Ini merupakan kali kedua Italia gagal lolos dalam 60 tahun terakhir.

Publik sepak bola Italia pun kini sedang diambang krisis besar. Nama baik mereka tercoreng di mata internasional. Kini Italia bukan lagi negara besar yang harus ditakuti karena mereka bisa saja dikalahkan oleh tim-tim yang satu level dengan The Yellow Viking. Bersama Belanda, Wales, dan Chile, Italia menjadi tim yang gagal lolos ke Piala Dunia meski memiliki tradisi yang apik di dunia sepak bola. Kini, mereka harus menanti kompetisi selanjutnya untuk mengembalikan nama baik negaranya.

Tentu saja kegagalan Italia di Piala Dunia sangat mengejutkan banyak pihak. Meski diprediksi bisa lolos dari babak play off dengan berat, namun nyatanya Gli Azzurri gagal menunjukkan kelasnya. Dalam sejarah panjang Piala Dunia, ternyata bukan hanya Italia saja yang gagal lolos ke Piala Dunia. Ada beberapa negara besar yang pernah gagal tampil di ajang tersebut.

Inggris di Piala Dunia 1994

Diisi dengan nama-nama seperti Alan Shearer di lini depan dan David Seaman di lini belakang, tentu Inggris menjadi kandidat yang kuat untuk menjadi juara dunia. Apalagi kala itu juga The Three Lions diperkuat oleh Pual Ince, Tony Adams, hingga Wright, yang menjadi bintang kala itu.

Namun bukan keluar sebagai juara, Inggris justru gagal premature dengan finis di peringkat ketiga di babak kualifikasi. Di bawah Norwegia yang menjadi jaura grup dan Belanda yang lolos ke play off, Inggris gagal melaju ke putaran utama Piala Dunia 1994.

Prancis di Piala Dunia 1994

Setali tiga uang dengan timnas Inggris, Prancis yang kala itu menjadi kandidat kuat untuk juara juga ternyata harus menelan pil pahit. Prancis gagal lolos ke putaran utama setelah finis di peringkat ketiga di bawah Swedia dan Bulgaria yang berada di posisi pertama dan kedua.

Mereka pun gagal untuk terbang ke Amerika Serikat yang kala itu menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994. Nasib Eric Cantona, Didier Deschamps, Laurent Blanc dan Emmanuel Petit pun suram di kala itu. Para megabintang ini gagal unjuk gigi di AS.

Portugal di Piala Dunia 1998

Portugal merupakan negara yang kerap tampil di Piala Dunia meski dominasi mereka masih kalah saing dari negara tetangganya, Spanyol. Kala itu, Portugal menjadi negara dengan masa depan sepak bola yang apik karena diisi oleh nama-nama beken seperti Luis Vigo, Joao Pinto, Rui Costa, hingga Luis Figo.

Namun sayangnya sederet megabintang tersebut gagal menjaga nama baik Portugal. Mereka gagal lolos ke Piala Dunia 1998 di Prancis dengan finis di peringkat ketiga dalam babak kualifikasi PD.

Belanda di Piala Dunia 2002 dan 2018

De Oranje sepertinya memiliki siklus rutin yang membuat mereka urung tampil di Piala Dunia. Setelah absen di gelaran Piala Dunia 1986, mereka pun mengulangi catatan tersebut di Piala Dunia 2002 di Korea Selatan & Jepang.

Edwin van der Sar, Edgar Davids, Clarence Seedorf, Overmars, Ruud van Nistelrooy, Joseph Stam, hingga Frank de Boer pun gagal tampil di Asia yang kala itu menyelenggarakan ajang tertinggi sepak bola pertamanya. Setelah ‘brace’ tersebut, tahun depan pun Belanda tak akan tampil setelah gagal mendapatkan tiket di babak kualifikasi.

Selain Italia, Negara Besar Ini pun Pernah Absen di Piala Dunia on November 14, 2017 rated 4.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here