Resmi, Buffon Pensiun dari Timnas Italia

0
18

Nama Gianluigi Buffon menjadi sosok yang paling disorot dalam pertandingan leg kedua melawan Swedia. Ia tampil tanpa cacat dan berhasil mencetak clean sheet untuk Italia. Bahkan sejujurnya, ia tak perlu repot-repot dalam mengamankan gawang karena barisan penyerang Swedia selalu gagal dalam membangun serangan. Hal ini terbukti dengan penguasaan bola yang lebih banyak dimiliki oleh Gli Azzuri. Tetap saja, Buffon menjadi orang yang paling emosional di laga tersebut.

Dalam pernyataan yang ia berikan pada beberapa waktu lalu, Buffon menyatakan bahwa di umur yang sudah tidak muda lagi, ia akan segera mundur dari dunia sepak bola. Apalagi teman-teman seangkatannya sudah lebih dulu menyatakan pensiun. Di tim nasional Italia, Francesco Totti sudah lebih dulu mengumumkan pensiun. Begitu juga dengan Andrea Pirlo dan Fabio Cannavaro yang merupakan mantan rekannya di Juventus.

Buffon menyatakan bahwa ini merupakan musim terakhirnya sebagai pemain bola. Kala itu, kiper berusia 39 tahun itu menyatakan akan mundur dari klub dan timnas. Namun ia belum tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan rencananya. Ia ingin pensiun dengan cara yang manis; menutup karir dengan sebuah trofi bergengsi. Tak heran jika ia berencana pensiun setelah meraih trofi Liga Champions bersama Juventus atau setelah meraih trofi Piala Dunia 2018 bersama timnas Italia.

Buffon Berikan Kesempatan Bagi Pemain Muda

Jika ia berhasil meraih trofi Liga Champions lebih dulu, maka ia akan pensiun bersama Juve. Namun jika ia gagal di UCL, ia akan tampil habis-habisan bersama timnas Italia untuk merebut trofi Piala Dunia. Saat Buffon mengucapkan rencana ini, Italia masih memiliki kans untuk lolos di babak kualifikasi Piala Dunia.

Namun ternyata, rencana Buffon gagal total. Ia justru harus pensiun lebih dulu dari timnas Italia setelah Gli Azzurri gagal tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Setelah gagal meraih tiket melalui babak kualifikasi, kini mereka kembali gagal di babak play off dengan hanya meraih hasil imbang melawan Swedia. Tak heran jika usai pertandingan, Buffon langsung memberikan statemen bahwa partai terakhirnya bersama Italia harus berjalan dengan kenyataan yang pahit.

Dalam wawancara tersebut, Buffon terlihat menitikkan air mata saat wartawan melemparkan pertanyaan seputar karirnya bersama Gli Azzurri. Ia tak menyangka bahwa akhir karirnya bersama timnas Italia akan tragis seperti ini. Meski masih memiliki kesempatan untuk meraih trofi Liga Champions sebelum ia mundur total dari dunia sepak bola, Buffon tetap merasa kecewa karena ia gagal tampil di Piala Dunia terakhirnya.

Buffon sendiri mengaku bahwa ia optimis dengan masa depan timnas Italia, khususnya di barisan penjaga gawang. Ia bisa melihat dengan jelas bahwa setelah ia mundur, ada banyak kiper muda yang siap menggantikan posisinya. Gian Luigi Donnarumma merupakan salah satu talenta muda terbaik di Italia. Kiper utama AC Milan yang masih berusia 18 tahun itu dinilai layak akan menggantikannya di timnas Italia.

Donnarumma merupakan kiper berbakat yang masih memiliki masa depan yang panjang. Kiper AC Milan itu sudah mendapatkan tempat utama meski umurnya masih belasan tahun. Bahkan Buffon percaya dalam lima tahun ke depan, Donnarumma sudah bisa menjadi langganan di timnas Italia. Selain itu, masih ada Mattia Perin yang akan besaing ketat dengan Donnarumma untuk berebut kiper utama.

Kini, nama Gianluigi Buffon akan selalu diingat sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa.

Resmi, Buffon Pensiun dari Timnas Italia on November 14, 2017 rated 4.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here