Resmi, Andrea Pirlo Nyatakan Pensiun dari Sepak Bola

0
19

Publik sepak bola dunia harus kecewa karena salah satu pemain sepak bola ternama resmi menyatakan pensiun di akhir musim ini. Adalah Andrea Pirlo, playmaker flamboyan yang kini merumput di MLS Amerika bersama New York City yang secara resmi mengumumkan bahwa ia akan pensiun di akhir musim ini. Pada pertandingan tersebut yang juga merupakan partai perempat final MLS, Pirlo masuk di menit-menit akhir pertandingan sebagai pemain pengganti. Meski NYC bisa mengalahkan Columbus Crew, namun tim Pirlo gagal melangkahh ke babak semifinal karena kalah agregat.

Dalam sebuah cuitan di media sosial pribadinya, pemain berusia 38 tahun itu menyatakan bahwa karirnya bersama NY dan sebagai pesepakbola secara umum sudah selesai. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada keluarga yang sudah mendukung dan semua tim yang sudah dibela selama karir sepak bolanya. Tak lupa ia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan fans dari seluruh dunia yang telah membantunya berkembang dan menjadi pemain seperti saat ini.

Pirlo memang dikenal sebagai pemain hebat, ia bahkan pernah membela 3 klub besar Italia dalam kurun waktu yang cukup lama. Pemain yang dikenal lewat eksekusi tendangan bebasnya ini pun sudah kenyang gelar baik di level timnas ataupun level klub. Di level tim nasional Italia, Pirlo telah membantu Gli Azzuri mendapatkan Piala Dunia. Sedangkan di level klub, Pirlo pun mampu meraih berbagai gelar profesional seperti trofi Liga Italia, Coppa Italia, hingga trofi Liga Champions.

Impian dan Karir Andrea Pirlo

Semasa kecil, Pirlo kerap bermain bola bersama teman seusianya. Ia pun terlihat menonjol jika dibandingkan teman-temannya. Meski kerap dikucilkan, namun ia tetap rutin bermain sepak bola. Hingga akhirnya sang ayah memasukkannya ke Brescia, tempat dimana ia menimba ilmu dan juga memulai karir profesionalnya.

Bersama Brescia, Pirlo mentas di tahun 1995. Ia pun langsung bermain sebagai second striker dan terkadang gelandang serang. Ia pun kerap menjadi tulang punggung bagi dua striker di depan dan penghubung bola di lini tengah.

Saat direkrut oleh Inter Milan, Pirlo pun mendapatkan posisi baru sebagai trequartista. Namun sayangnya, karir Pirlo bersama I Nerazzurri kurang menggigit sehingga ia pupn dipinjamkan ke Brescia dan Regina. Awal milenium menjadi titik balik karir Pirlo. Ia pun direkrut oleh AC Milan di tahun 2001. Di sana, ia pun mulai mendapatkan berbagai banyak gelar prestisius dan mengangkat nama besarnya.

Carlo Mazzone dan Carlo Ancelotti merupakan dua orang pelatih yang paling berjasa dalam perkembangan karir Pirlo. Dengan arahan dua pelatih tersebut, ia menjelma menjadi pemain tengah yang berbahaya. Bahkan saat masih berada di Milan, Pirlo pun meraih trofi Liga Champions pertamanya di musim 2002/03. Ia pun berjasa bagi Milan saat meraih trofi-trofi berikutnya.

Meski bermain sebagia deep-lying playmaker, namun Pirlo kerap mencetak gol melalui tendangan bebas maupun open play. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki tendangan akurat dan keras. Meski tidak memiliki kecepatan lari yang baik, namun Pirlo memiliki kemampuan lain yang bisa melengkapi kebutuhan tim.

Pindah ke Juventus

Sukses bersama AC Milan tak membuatnya puas. Ia merupakan tipe pemain yang selalu memperbaiki dirinya sendiri. Tak heran jika ada ulasan tentang dirinya dengan judul “Andrea Pirlo: the captain who kept reinventing himself”

Ya, Pirlo memang giat berlatih untuk meningkatkan kualitasnya. Bersama Juventus, ia pun memiliki jasa besar kepada I Bianconeri dalam meraih trofi Serie A. Namun sayangnya, karirnya tidak berlangsung lama di Juventus seiring bertambahnya usia. Ia pun memutuskan untuk pindah ke MLS untuk melanjutkan karir sebelum akhirnya Pirlo menyatakan gantung sepatu pada tadi pagi.

Resmi, Andrea Pirlo Nyatakan Pensiun dari Sepak Bola on November 7, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here