Preview Pertandingan Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018 Swedia vs Italia

0
26

Swedia akan berharap bisa membuat keuntungan di kandang saat mereka menyambut Italia ke Friends Arena untuk pertandingan leg pertama playoff kualifikasi Piala Dunia mereka.

Pertandingan ini jadi play-off paling menarik di antara lainnya, menilik latar belakang kedua tim. Swedia dikenal sebagai Kuda Hitam ajang akbar sepakbola, sementara reputasi Italia sangat diakui lewat empat gelar Piala Dunia.

Swedia yang terakhir mentas di Piala Dunia pada edisi 2006 lalu mungkin dipandang sebelah mata, melihat kebesaran dan komposisi tim. Namun kesuksesan mereka menyingkirkan tim sebesar Belanda di babak grup dan fakta bahwa duel dimainkan di Friends Arena terlebih dahulu membuat Italia tak bisa tenang.

Atmosfer Friends Arena memang dikenal luar biasa dan kerap sukses mengintimidasi lawan. Terbukti, Swedia tak pernah kalah setiap kali bermain di sana pada babak grup lalu. Dari lima pertandingan kandang, Swedia meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang. Tim seperti Prancis harus rela pulang dengan tangan hampa dari Friends Arena.

Rasa optimistis pun diungkap bombernya, John Guidetti. “Laga melawan Italia akan luar biasa. Mereka memang lawan terberat di babak play-off, tapi kami tidak takut. Saya percaya duel di Friends Arena bakal luar biasa buat kami, lewat dukungan lebih dari 50 ribu penonton!” serunya,

Pelatih Janne Andersson juga cukup percaya diri anak-anak asuhnya bisa memberikan hasil positif menghadapi Italia. Swedia hanya kehilangan Mikael Lustig yang harus menjalani akumulasi kartu.

“Kami berlatih dengan baik untuk pertandingan nanti. Kami tidak sabar melawan Italia. Mereka punya pertahanan yang kuat, namun kami akan memainkan sepak bola kami sendiri,” kata Andersson.

“Kami mencetak 26 gol dengan pemain-pemain berbeda selama kualifikasi. Di kandang, kami meraih empat kemenangan dan mencetak 18 gol. Statistik itu cukup menjanjikan,” lanjutnya.

Formasi klasik 4-4-2 diprediksi akan dipertahankan Swedia pada duel hidup-mati ini. Taktik penguasaan bola dengan serangan lewat sisi lapangan yang dikomandoi oleh Emil Forsberg, bakal jadi senjata utama untuk hasilkan gol sebagai modal di San Siro pada leg kedua.

Italia patut benar-benar waspada dengan ancaman Swedia. Apalagi performa mereka sejauh ini kerap hadirkan kritik, terutama untuk sang pelatih, Giampiero Ventura. Dia dipandang terlalu memaksakan filosofi sepakbola indah yang tak sesuai dengan identitas pragmatis Gli Azzurri.

Jika sampai gagal membawa pulang hasil positif, bukan tak mungkin tragedi gagal lolos ke putaran final Piala Dunia pada 1966 silam bakal terulang untuk Italia. Karenanya fokus tinggi wajib diusung Gianluigi Buffon cs.

“Tidak lolos bukanlah opsi untuk Italia. Kami harus lolos tidak peduli siapa lawannya, entah Swedia atau siapa pun!” seru bek andalan Italia, Leonardo Bonucci, seperti dikutip Tuttosport.

Komposisi terbaik di sebelas awal bisa diturunkan Italia, mengingat hanya Simone Zaza yang dipastikan absen. Skema 3-5-2 dipercaya bakal diandalkan Ventura alih-alih 4-3-3, guna membuat performa tim lebih terorganisasi.

“Saya cukup tenang akan menjalani pertandingan penting nanti. Kami telah berada di fase ini dan akan tahu hasilnya nanti,” kata Ventura.

Pertandingan diyakini bakal lebih didominasi oleh Swedia dengan mereka yang berpotensi mencetak gol lebih dahulu. Namun Italia tampaknya bakal tetap menjadi Italia, yang selalu bisa memetik hasil positif dengan cara yang kurang menghibur.

Terakhir, Italia mampu menang 1-0 atas Swedia pada perhelatan Piala Eropa 2016. Catatan itu membuat Italia cukup percaya diri menyongsong pertemuan pertama di markas Swedia.

Preview Pertandingan Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018 Swedia vs Italia on November 10, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here