Lahir di Era yang Salah, 5 Kiper Ini Gagal Menggeser Buffon dari Timnas Italia

0
18

Gianluigi Buffon sudah resmi menyatakan diri untuk pensiun dari tim nasional Italia. Meski demikian, pecinta sepak bola masih bisa melihat kiper Juventus ini berlaga hingga akhir musim bersama klub asal Turin. Setelah resmi mundur dari tim nasional Italia, Buffon pun berencana akan mengakhirir karir bersama Juventus sebagai pemain sepak bola profesional. Meski tumbuh bersama Parma, namun Buffon sudah dianggap menjadi salah satu legenda Juventus karena kesetiaan dan pengabdian yang dilakukannya. Ya, tak lama lagi kita akan segera menangisi kepergian kiper nomer 1 Italia.

Selain menjadi yang terbaik di negaranya, kehebatan Buffon sudah diakui di seantere jagat. Ia merupakan kiper yang memiliki visi yang jelas, reflek yang cepat, dan memiliki kharisma yang membuatnya ditakuti oleh lawan-lawannya. Tak hanya oleh para musuh, rekan satu timnya pun sangat menghormati kiper berusia 38 tahun itu. Buffon bukan sekedar pemain sepak bola biasa. Ia adalah ikon dan salah satu legenda terbaik yang pernah ada.

Tak heran jika selama karirnya, tim nasional Italia selalu menggunakan jasanya untuk mengamankan area kotak pinalti. Bagi timnas Italia, kehadiran Buffon membuat mereka aman. Namun tidak bagi para kiper Italia lain, mereka seperti lahir di waktu yang salah. Selama masih ada Buffon, kans mereka untuk tampil membela Gli Azzurri pun tipis. Setidaknya, ada beberapa kiper yang sebenarnya memiliki performa gemilang, sayangnya ia lahir di era kejayaan Buffon yang membuat namanya tenggelam.

Salvatore Sirigu

Sirigu sebenarnya merupakan salah satu kiper yang penuh potensi di tanah Italia. Kiper yang selama 6 musim membela PSG ini pun telah membuktikannya di Liga Prancis bersama Les Parisiens. Ia menjadi pemain yang membawa PSG juara kompetisi domestik. Di timnas Italia, ia pun pernah menjadi pelapis Buffon dan hanya tampil sebanyak 14 kali.

Federico Marchetti

Tumbuh sebagai wonderkid ternyata tak serta merta bisa menggeser Gianluigi Buffon dari kiper utama Italia. Ia pun sempat masuk ke skuad utama timnas Italia di awal 2009. Namun saat itu, Buffon sedang berada di puncak karirnya sehingga Federico Marchetti pun hanya tampil sebagai pelapis kedua saja.

Morgan De Sanctis

Semua orang setuju jika mantan kiper Juventus ini juga merupakan salah satu yang terbaik di bawah mistar gawang. Kiper yang telah pensiun sejak musim panas lalu memang kerap tampil gemilang di level klub. Namun untuk level internasional, kegemilangannya tidak bisa menggeser posisi Buffon. Meski kaya akan pengalaman, namun De Sanctis justru jarang tampil di skuad Italia.

 

Jebolan AS Roma ini pun keluar sebagai salah satu pemain muda berbakat di Italia. Bahkan jika melihat karirnya, Amelia berada di klub-klub besar Eropa. Ia pernah membela Lecce, AC Milan, hingga Chelsea. Ia pun menjadi pelapis Buffon saat timnas Italia merebut gelar Piala Dunia 2006. Meski saat itu menyandang gelar sebagai kiper muda berbakat, namun ia gagal menjungkalkan Buffon di posisi pertama.

Francesco Toldo

Nama yang satu ini menjadi salah satu kiper legendaris dari Italia. Ia bahkan sudah lebih dulu menjadi kiper nomer 1 Italia sejak 1995. Namun kecemerlangan Buffon bersama Parma langsung menggesernya dari kiper utama Italia.

Dengan pensiunnya Buffon, kiper muda Italia kini memiliki masa depan yang cerah karena tidak ada sosok yang menghalangi karir mereka.

Lahir di Era yang Salah, 5 Kiper Ini Gagal Menggeser Buffon dari Timnas Italia on November 15, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here