Jika Wenger Pensiun di Arsenal, Siapa yang Cocok Menggantikannya?

0
16

Jika Wenger Pensiun di Arsenal, Siapa yang Cocok Menggantikannya?

Jika ada suporter sebuah klub sepak bola yang tidak mendukung pelatihnya sendiri, mungkin Arsenal merupakan tim yang berada di puncak pertama. Ya, tak seperti tim-tim lain yang percaya seratus persen terhadap tangan dingin pelatihnya, fans garis keras Arsenal sudah tidak lagi percaya kepada Arsene Wenger sejak lama. Kegagalan Arsenal dalam meraih trofi Liga Inggris sejak tahun 2004 merupakan penyebabnya.

Alih-alih mengganti dengan pelatih baru, manajemen justru terus memberikan perpanjangan kontrak baru bagi pelatih asal Prancis itu. Bahkan dalam perjanjian terakhirnya, Wenger akan dipastikan berada di Emirates Stadium hingga akhir musim 2019 nanti. Jika saat itu datang, Wenger akan berumur 70 tahun dan sepertinya Arsenal akan berpikir panjang untuk menambah kontraknya. Tak pelak jika fans Arsenal tak sabar menanti tahun 2019 untuk melihat Wenger pergi dari Arsenal.

Pelatih baru kerap diidentikkan dengan semangat juara dan mental bermain baru. Wenger sendiri sudah lebih dari 2 dekade menangani The Gunners. Secara statistik, Arsenal mengalami penurunan sejak mereka menjuarai Premier League dengan title Invincibles karena tidak terkalahkan sepanjang musim. Namun setelah trofi penting di 2004 itu, Arsenal justru kerap finis di peringkat 4 klasemen akhir. Sebuah ironi bagi tim yang memiliki pemain muda hebat.

Eks Pemain Arsenal Berikan Dua Rekomendasi

Robert Pires yang merupakan mantan anak asuh Wenger di Arsenal pun berkata bahwa pelatih asal Prancis itu merupakan orang yang tepat untuk menduduki jabatan pelatih. Terlepas dari hasil buruk Arsenal dalam beberapa tahun terakhir, Pires yakin bahwa akan lebih baik jika Wenger tetap di sana.

Wenger diibaratkan seperti Ferguson di MU. Tanpa mereka, tim tidak memiliki filosofi sepak bola yang hakiki. Tak heran jika manajemen Arsenal tetap mempertahankan Wenger meski mereka kerap diejek oleh pendukungnya sendiri. Namun sejak penurunan performa di awal musim ini, gejolak untuk menggulingkan Wenger kembali muncul.

Apalagi saat The Gunners dikalahkan oleh Manchester City di pekan 11 lalu. Arsenal bermain seperti klub kecil yang baru merasakan atmosfir pertandingan Premier League. Pertahanan Arsenal gampang dibobol, permainan Arsenal kerap dimentahkan bek lawan, terlihat jelas ada lubang besar yang menjadi masalah Arsenal di atas lapangan.

Wenger pun didesak untuk segera memperbaiki performa tim agar fans dan pemain kembali memiliki kepercayaan diri. Di tengah desakan tersebut, muncul dua nama yang diperkirakan akan menjadi pengganti Wenger jika ia sudah tidak dibutuhkan oleh Arsenal.

Tak Jauh dari Prancis

Ray Parlour yang merupakan salah satu pemain Arsenal pun angkat bicara soal pengganti yang tepat jika Wenger mundur. Ada dua nama yang ia kira pantas untuk menjadi suksesor pelatih asal Prancis itu. Calon suksesor Wenger di Arsenal pun tak jauh dari Prancis.

Parlour menyatakan bahwa jika ada orang yang tepat menjadi suksesor Wenger, maka Patrick Vieira akan menjadi sosok yang tepat. Selain sudah mengetahui seluk beluk Arsenal sejak lama, pengalaman Vieira sebagai pemain juga dapat membantu Arsenal merebut gelar juara Premier League.

Vieira sendiri kini merupakan salah satu manajer yang paling disegani di liga MLS. Bersama New York City, Vieira menangani Andrea Pirlo dan beberapa mantan megabintang lain. Selain Vieira, Parlour juga peraya bahwa Thierry Henry juga cocok untuk menjadi suksesor Wenger.

Henry merupakan ikon Arsenal. Setelah sukses sebagai pemain, Henry dianggap layak menerima jabatan sebagai pelatih.

Jika Wenger Pensiun di Arsenal, Siapa yang Cocok Menggantikannya? on November 9, 2017 rated 4.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here