Italia Siap Pecahkan Rekor 100 Tahun Milik Swedia

0
23

Dari empat pertandingan babak play off untuk memperebutkan 4 tiket tersisa ke Piala Dunia Rusia, laga yang mempertemukan Swedia dengan Italia menjadi yang terpanas di pekan ini. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada tim nasional negara lain, pertandingan yang mempertemukan Italia dan Swedia selalu memberikan kejutan yang layak untuk dinanti. Dua negara ini harus saling jegal setelah sama-sama gagal keluar sebagai juara grup saat babak kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu.

Swedia harus puas menjadi runner up di Grup A dan harus berjuang ke babak play off. Namun pencapaian Swedia tidak boleh diremehkan mengingat mereka tergabung dengan Belanda yang juga berada di Grup A. Belanda yang awalnya diprediksikan lolos ke babak play off justru harus gagal tampil di Piala Dunia 2018 nanti. Sedangkan Italia memiliki nasib yang jauh lebih buruk. Berada di Grup G bersama Spanyol, Italia sempat hampir tidak lolos karena berada di peringkat ketiga. Beruntung nasib baik masih menaungi Gian Piero Ventura.

Laga hidup mati pun akan tersaji di akhir pekan ini saat kedua tim bertemu di Friends Arena Stadium. Tentu saja pertandingan ini akan menjadi sorotan karena ada beberapa rekor yang belum terpecahkan oleh Italia. Meski bukan tim besar, namun ternyata Swedia memiliki sejarah panjang dalam merepotkan Italia di kompetisi internasional. Berikut data dan rekor yang kami sajikan.

Hanya Mampu 1-0

Dalam 10 tahun terakhir, Italia memang selalu unggul head to head saat berhadapan dengan timnas Swedia. Namun sejak era sepak bola modern di awal milenium (tahun 2000), Italia tak pernah menang dengan skor lebih dari satu gol.

Dari 5 pertemuan yang terjadi, Italia mampu meraih 4 kemenangan dan hanya sekali bermain imbang. Namun uniknya, tiga dari empat kemenangan tersebut Italia hanya bisa menang degan selisih 1 gol saja. Ini pun menjadi catatan buruk yang sampai saat ini belum bisa diperbaharui oleh Gli Azzuri.

Swedia Bukan Tempat yang Ramah

Tim yang memiliki julukan The Viking itu ternyata tak hanya merepotkan dalam setiap pertandingan. Namun Swedia sendiri merupakan negara yang sama sekali tidak ramah bagi timnas Italia. Salah satu bukti nyata adalah kegagalan pertama Italia lolos ke Piala Dunia.

Tahun 1958 Swedia menjadi negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen. Bergabung bersama Irlandia Utara dan juga Portugal di babak kualifikasi, Italia justru harus puas finis di posisi terakhir klasemen Grup 8 sehingga akhirnya mereka gagal untuk tampil di Piala Dunia 1958 di Rusia.

Ini merupakan bukti bahwa Swedia bukan tempat yang ramah untuk Italia. Selalu ada saja hal yang membuat Italia gagal di kompetisi internasional saat berlaga di Swedia.

Rekor 100 Milik Swedia

Ini merupakan salah satu rekor panjang yang selalu menjadi momok menakutkan bagi timnas Italia. Gli Azzuri pernah menang dari The Viking, namun kemenangan tersebut terjadi di tahun 1912 dalam pertandingan Olimpiade Sepak Bola.

Setelah itu, Italia belum pernah menang sekalipun di Swedia. Rekor ini pun bisa dipecahkan oleh Gian Piero Ventura dalam pertandingan akhir pekan nanti atau justru menambah panjang rekor milik timnas Swedia.

Tak heran dengna 3 catatan penting tersebut, Italia harus bermain sebaik mungkin agar mampu memetik hasil positif saat bertanding di Friends Arena. Jika tidak, bukan tidak mungkin pertandingan ini akan menjadi awal kegagalan mereka.

Italia Siap Pecahkan Rekor 100 Tahun Milik Swedia on November 8, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here