Degradasi, Begini Perjalanan 3 Klub Liga 1 yang Turun Kasta

0
23

Setiap kompetisi akan berakhir dengan sebuah perayaan dan kesedihan. Seperti Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia, misalnya, keluarnya Bhayangkara FC sebagai juara baru tentu patut dirayakan oleh para suporter The Guardian. Mereka pun langsung menggelar perayaan di atas lapangan meski di pertandingan terakhir harus menelan kekalahan dari Persija Jakarta. Seperti halnya Bhayangkara FC, klub lain pun harus meluapkan kesedihan mereka di atas lapangan hijau karena harus degradasi di akhir kompetisi.

Kasta tertinggi Liga Indonesia sendiri telah selesai dan kompetisi ini sudah menghasilkan juara. Selain klub yang menjadi jawara, ada tiga klub lain yang harus terdepak ke kompetisi kasta kedua. Mau tidak mau, ketiga klub ini harus turun kasta untuk memberikan tempat bagi 3 klub yang akan promosi di musim depan. Tentu saja kenyataan pahit tersebut membawa kesedihan bagi para pemain, manajemen, hingga suporter pendukung.

Berdasarkan klasemen akhir Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia, ada sejumlah klub yang harus terdegradasi. Persegres Gresik United harus menjadi tim pertama yang turun kasta karena berada di peringkat terakhir. Selanjutnya ada Persiba Balikpapan dan Semen Padang yang akhirnya menyusul Persegres turun ke Liga 2 Indonesia. Lalu, bagaimana nasib ketiga klub tersebut? Bagaimana mereka bisa terdegradasi musim ini?

Semen Padang

Klub ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia sepak bola Indonesia. Namun sayangnya, mereka gagal bersaing di musim ini dan harus rela turun ke kasta kedua. Selisih 2 poin dari Perseru Serui membuat tim dengan alias Kabau Sirah ini gagal bertahan di pertandingan terakhir.

Start apik di musim ini membuat Semen Padang berada di puncak klasemen di pekan ketiga. Namun setelah pekan ke-12, Kabau Sirah mulai goyah dan kerap gagal dalam menghadapi lawan-lawannya. Meski sudah mengganti Nil Maizar, namun ternyata Semen Padang gagal meraih hasil positif di sisa Liga 1 Indonesia. Pergantian pelatih belum juga mampu mendongkrak posisi Semen Padang di klasemen liga.

Persiba Balikpapan

Di peringkat kedua dari bawah, Persiba Balikpapan harus menelan pil pahit setelah mereka harus terjun ke kasta kedua. Tim yang memiliki julukan Beruang Madu harus puas di posisi 17 dengan torehan 27 poin hsail dari 7 kemenangan, 6 kali imbang, dan 21 kali menelan kekalahan!

Penampilan Persiba Balikpapan sudah terlihat buruk sejak awal musim. Bahkan sepanjang perjalanan kompetisi musim ini, tim Beruang Madu belum pernah beranjak dari zona degradasi. Srdjan Lopicic pun menjadi sorotan setelah gagal membawa tim bertahan di Liga 1 Indonesia.

Meski memiliki lini depan yang produktif, namun lini pertahanan Persiba Balikpapan gagal bermain dengan gemilang sehingga sering menderita kekalahan. Total 62 gol yang bersarang ke gawang Persiba menjadi indikasi bahwa ada yang salah dengan lini pertahanan mereka musim ini.

Persegres Gresik United

Sama halnya dengan Persiba Balikpapan yang tak pernah beranjak dari zona degradasi, Persegres Gresik United pun melalui musim ini dengan cara yang sama. Bahkan catatan mereka di musim ini jauh lebih buruk daripada tim Beruang Madu. Ada dua rekor yang dimiliki oleh Persegres Gresik United di musim ini.

Rekor pertama adalah jumlah kebobolan terbanyak dalam satu musim. Tim dengan julukan Laskar Joko Samudro ini menjadi tim yang paling sering kebobolan dengan catatan 104 gol. Rekor kedua pun tidak jauh lebih baik daripada rekor pertama. Persegres Gresik United hanya bisa mencetak 26 gol sepanjang musim dan membuat mereka menjadi tim yang paling tidak produktif di Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia.

Dengan catatan tersebut, tak heran jika Laskar Joko Samudro menjadi tim yang berada di posisi terakhir.

Degradasi, Begini Perjalanan 3 Klub Liga 1 yang Turun Kasta on November 14, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here