Bukan Cuma Bhayangkara FC, Klub-Klub Asia Ini pun Dimiliki oleh Polisi

0
22

Nama Bhayangkara FC menjadi sorotan setelah berhasil menjuarai Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia dengan cara yang ‘unik’. Klub tersebut mendapatkan bantuan dari PSSI dan PT. LIB dalam menjuarai liga dengan tambahan 2 poin spesial. Dalam sejarahnya, klub ini awalnya adalah sebuah tim yang berafiliasi dengan Persebaya Surabaya. Namun setelah 90% sahamnya dibeli oleh Polri, maka klub tersebut berganti nama menjadi Bhayangkara FC pada tahun lalu. Setelah itu, klub yang bermarkas di Stadion Chandrabhaga pun langsung tampil di kasta tertinggi liga Indonesia.

Setelah resmi dimiliki oleh Polri, manajemen pun menggunakan nama Bhayangkara FC sebagai sebuah brand baru. Klub tersebut pun menjelma menjadi perwakilan kepolisian di kompetisi sepak bola Indonesia. Dan di Indonesia sendiri, ini merupakan musim pertama ada klub menjadi juara dengan latar belakang kepolisian. Meski demikian, ternyata di Asia sendiri ada beberapa klub yang telah mengukir prestasi dan berafiliasi dengan polisi.

Di bawah ini, kami menyajikan daftar tim sepak bola di Asia yang memiliki afiliasi dengan polisi.

  1. Home United (Singapura)

Berbeda dengan Bhayangkara FC yang berganti nama setelah sahamnya dibeli kepolisian, Home United yang merupakan sebuah klub yang berlaga di kompetisi Singapura awalnya adalah sebuah organisasi olahraga milik polisi. Hingga saat Singaporean League digelar di tahun 1996, mereka pun mengikuti kompetisi dengan nama Police Football Club.

Namun seiring berjalannya waktu dan campur tangan pihak lain, Police Football Club pun berganti nama dengan Home United. Klub ini juga berafiliasi dengan kementrian pertahanan dan juga kemendagri Singapura. Tim yang memiliki julukan The Protectors ini pernah menjuarai trofi Piala Singapura dan kompetisi liga.

  1. BEC Tero Sasana FC (Thailand)

Berbeda dengan Home United yang sudah lebih dulu memiliki afiliasi dengan polisi, BEC Tero Sasana FC yang berlaga di liga Thailand justru baru saja diakuisisi oleh Royal Thai Police. Nama asli klub sepak bola ini adalah BEC Tero Sasana yang berdiri sejak 1992.

Sejak kompetisi sepak bola Thailand dijalankan, klub ini pun mampu mencapai puncak kejayaan di awal milenium dengan menjadi juara Thai League di tahun 2000 dan 2001. Di musim selanjutnya, BEC Tero juga berhasil menjadi runner up Liga Champions Asia.

Dan proses akuisisi yang baru saja selesai pun membuat klub berganti nama menjadi Police Tero Football Club.

  1. PDRM FA (Malaysia)

Klub ini memiliki nama yang panjang, yakni Persatuan Bolasepak Polis Di-Raja Malaysia sehingga kerap disingkat menjadi PDRM FA. Klub ini pun berlaga di Liga Premier alias kasta kedua di sepak bola Malaysia. Sesuai dengan nama klub, Polis Di-Raja Malaysia merupakan badan kepolisian yang memiliki klub ini.

PDRM pernah mencapai Malaysia Super League di musim 2007 namun hanya satu tahun bertahan di kasta tertinggi karena di musim selanjutnya, PDRM harus kembali ke kasta kedua.

  1. Asan Mugunghwa FC (Korea Selatan)

Berbeda dengan klub pada umumnya yang mengganti nama agar identik dengan kepolisian, Asan Mugunghwa FC justru berganti nama agar lebih familiar dan dekat dengan masyarakat. Klub ini pernah dua kali berganti nama dalam perjalanan panjangnya.

Berdiri di tahun 1961, klub ini awalnya dikenal sebagai National Police Department FC. Namun akhirnya klub pun kembali berganti nama dengan Police FC sebelum akhirnya berubah lagi menjadi Asan Mugunghwa FC.

Bukan Cuma Bhayangkara FC, Klub-Klub Asia Ini pun Dimiliki oleh Polisi on November 14, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here