4 Kesalahan Timnas Italia yang Membuat Gagal Lolos Piala Dunia

0
40

Tim nasional Italia baru saja membuat kejutan di pagi ini. Setelah di leg pertama tumbang di kandang Swedia, kini mereka gagal di hadapan pendukungnya sendiri. Tentu saja ini menjadi salah satu rapot buruk tim nasional Italia di kancah sepak bola dunia. Mereka gagal mengulangi kejayaan 10 tahun silam saat Buffon mengangkat trofi Piala Dunia. Impian Gli Azzurri untuk mengulang kesuksesan tersebut pun sirna setelah resmi gagal mendapatkan tiket yang tersisa ke Piala Dunia.

Kini Italia berada di posisi yang sulit karena mereka harus segera mengembalikan nama baik negara di dunia sepak bola. Euro 2020 pun diprediksi akan menjadi awal baru Italia di bawah asuan pelatih baru usai Gian Piero Ventura dikabarkan akan segera berhenti menukangi timnas. Apalagi, Buffon pun baru saja mengklarifikasi tentang masa depannya di tim nasional. Awal baru Italia pun resmi akan diawali tanpa Buffon di bawah pelatih barunya.

Melihat pencapaian tim nasional Italia dalam beberapa tahun terakhir, FIGC selaku otoritas sepak bola tertinggi di Italia pun harus segera melakukan evaluasi menyeluruh dalam tubuh mereka. Tak hanya pelatih, FIGC pun harus segera melakukan pembinaan pemain agar Italia tidak kehabisan stok pemain bintang di masa depan. Mereka pun harus segera memberikan evaluasi terkait performa timnas di bawah asuhan Ventura.

Di bawah ini, ada beberapa analisa tentang faktor yang membuat tim nasional Italia harus menelan pil pahit dengan gagal melaju ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kalah Dari Spanyol

Tergabung bersama klub yang relatif sulit, Italia pun menjalani babak kualifikasi dengan rangkaian hasil minor. Namun dari sekian banyak hasil yang ditorehkan Italia, kekalahan dari Spanyol sudah menjadi indikasi kegagalan Italia di Piala Dunia 2018 nanti.

La Furia Roja merupakan satu-satunya tim kuat yang tergabung di grup yang sama. Tak heran jika mengalahkan Spanyol akan menjadi pelecut semangat dalam skuad Italia. Melawan Spanyol juga akan menjadi acuan seberapa hebat kemampuan mereka yang sebenarnya.

Penempatan Formasi Pemain

Italia sendiri merupakan sebuah negara yang memiliki filosofi sepak bola yang unik. Jika umumnya setiap tim menggunakan 4 bek, Italia menjadi negara yang memegang teguh formasi 3 bek. Meski hanya menggunakan tiga bek, namun trio di lini belakang tersebut dapat bekerja dengan baik karena formasi 3-1-4-2 membuat serangan lawan mandek di tengah.

Namun Ventura menggunakan 4 bek dan 2 gelandang yang justru sering kerepotan dan membuat lini pertahanan menjadi kacau. Hasilnya pun terlihat jelas, Daniele De Rossi kelimpungan saat menyerang atau menahan serangan. Formasi ala 3-1-4-2 pun diganti dengan formasi 4-2-4 yang menyisakan lubang di berbagai lini.

Tidak Ada Striker Ikonik

Lihat saja pencapaian timnas Italia saat menjadi juara Piala Dunia 2016 di Jerman. Ada nama Alessandro Del Piero dan Francesco Totti di lini depan. Namun kini, Italia tengah dilanda krisis striker ikonik. Cirro Immobile memang sedang melejit. Namun ia baru meroket di musim ini.

Tidak ada striker di skuad Italia yang telah lama tampil konsisten dan menjadi bintang di Serie A. Bahkan di Piala Dunia sebelumnya Italia memiliki Mario Balotelli yang terbukti konsisten mencetak gol bersama klubnya.

Gian Piero Ventura

Pelatih berusia 69 tahun itu pun menjadi salah satu faktor kegagalan Italia. Ia bertanggungjawab penuh atas kegagalan timnas Italia lolos ke Piala Dunia. Ventura gagal meneruskan tren positif yang ditinggalkan Antonio Conte.

Ventura pun ngotot menggunakan strategi dan formasi yang berbeda. Bahkan dalam beberapa aspek, ia dinilai hanya menuruti egonya sendiri dalam memimpin timnas Italia.

4 Kesalahan Timnas Italia yang Membuat Gagal Lolos Piala Dunia on November 14, 2017 rated 4.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here