4 Hal yang Akan Terjadi Jika Persib Bandung Degradasi ke Liga 2 Indonesia

0
59

Gonjang ganjing tentang sanksi degradasi kepada Persib Bandung mulai terdengar. Meski Komisi Disiplin belum menentukan keputusan yang sesuai untuk menghukum kelakuan Persib saat melawan Persija, namun desas desus tentang ancaman degradasi Persib mulai terdengar hingga saat ini. Umuh Muchtar selaku manajemen Persib pun belum mengeluarkan pernyataan mengenai ancaman sanksi yang dihadapi oleh Maung Bandung.

Bobotoh tentu khawatir jika satu-satunya klub kesayangan mereka harus terdegradasi ke Liga 2 Indonesia. Suporter Persib Bandung yang tersebar di seluruh Indonesia tentu akan turun ke jalan untuk meminta PSSI mempertimbangkan keputusan untuk membuang Persib ke Liga 2 Indonesia. Kompetisi kasta kedua tentu bukan merupakan habitat yang pantas untuk Persib mengingat skuad utama Maung Bandung diisi oleh sederet bintang ternama. Tentu akan menjadi sebuah catatan merah bagi seluruh insan sepak bola Bandung jika klub kesayangannya harus terdegradasi ke divisi dua.

Ada banyak pihak yang mendoakan agar Persib tidak dikenakan sanksi berat. Jika memang sanksi yang dijatuhkan hanyalah denda ataupun larangan pertandingan, tentu laskar biru Maung Bandung tak akan mempermasalahkan sanksi tersebut. Larangan bertanding atau denda dianggap jauh lebih baik daripada harus terdampar ke divisi dua.

Namun jika memang Pesib harus degradasi ke divisi dua, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Berikut adalah daftar kemungkinan yang akan terjadi jika Persib terlempar ke Liga 2 Indonesia.

Hilangnya Persaingan di Kasta Tertinggi

Persib Bandung merupakan salah satu klub yang memiliki reputasi besar di sepak bola Indonesia. Sudah sejak lama klub yang bermarkas di Stadion Si Jalak Harupat ini menjadi klub yang memiliki catatan sejarah besar. Bersama Persija, Persib kerap menyajikan derby panas yang patut ditunggu.

Tak hanya saat melawan Persija Jakarta, Persib pun memiliki beberapa musuh besar seperti PSM Makassar, Sriwijaya FC, dan juga Persipura Jayapura. Jika memang Persib harus terlempar ke divisi dua, maka persaingan di liga utama akan kehilangan daya tariknya.

Ditinggal Pemain Bintang

Persib kini dihuni oleh beberapa nama pesepakbola beken. Sebut saja Michael Essien, Charlton Cole, hingga nama-nama seperti Raphael Maitimu dan Ezechiel Ndouassel. Jangan lupakan pula beberapa pemain muda potensial yang kini dimiliki Persib.

Jika sampai terdegradasi ke liga 2, bukan tidak mungkin eksodus pemain akan terjadi di skuad Bobotoh. Persib dipercaya akan kehilangan beberapa pemain pilar yang akan mengurangi nama besar klub.

Hilangnya Sponsor

Di Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia, Persib Bandung sendiri memiliki tak kurang dari 14 sponsor. Mulai dari pabrikan otomotif, apparel, perusahaan swasta, hingga berbagai merk lain yang menyuplai pundi-pundi uang untuk manajemen.

Persib Bandung memang klub yang besar dan memiliki sejarah panjang di Indonesia. Namun dengan turun kasta ke Liga 2, bisa dipastikan beberapa sponsor pun akan mundur. Akibatnya, Persib akan kehilangan sebagian besar pendapatan mereka.

Mengangkat Pamor Liga 2

Dibalik sebuah bencana, pasti akan ada hal positif yang bisa diambil maknanya. Jika sampai Persib Bandung terdegradasi ke Liga 2, maka pamor Liga 2 Indonesia justru akan naik dengan kedatangan Persib.

Meski diisi klub-klub semi-amatir, namun Liga 2 dapat menjadi lebih bergairah dengan kedatangan Persib. Pertandingan pun akan semakin seru dengan adanya kehadiran bobotoh yang datang ke stadion-stadion lokal di wilayah Indonesia.

Demikian beberapa perkiraan yang akan terjadi jika sampai Persib terlempar ke Liga 2 Indonesia. Semoga komdis PSSI dapat berlaku tegas atas kasus ini.

4 Hal yang Akan Terjadi Jika Persib Bandung Degradasi ke Liga 2 Indonesia on November 9, 2017 rated 5.0 of 5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here